Penemu Modem - Dennis Hayes

Friday, June 3, 2016

Sejarah dan Penemu Modem - Modem, pertama kali kamu mendengar kata kata modem tentunya berpikiran kalau nama "modem" tersebut unik bukan? Saya pribadi saat pertama kali mendengar kata modem tersebut berpikiran kalau nama tersebut adalah nama dari sebuah makanan. Namun ternyata, modem adalah sebuah nama perangkat (hardware) yang sagnat berguna bagi umat manusia di dunia ini. Modem adalah alat yang berguna untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau pun bisa juga sebaliknya.

Dennis Hayes si Penemu Modem
Sedangkan apa fungsi dari modem? Fungsi dari modem sendiri secara sederhana adalah untuk menghubungkan kita ke dunia online atau dunia maya atau bisa juga disebut dunia internet. Di internet sendiri terdapat banyak sekali informasi informasi yang sangat berguna bagi kita semua. Ada informasi resep tentang makanan, informasi tentang komputer, informasi tentang mobil, informasi tentang motor, informasi tentang sepeda, informasi tentang game, bahkan internet bisa juga kita gunakan atau ktia manfaatkan sebagai sumber mata pencaharian alias mencari uang. Keren bukan?

Modem adalah singkatan dari kata Modulator dan Demodulator. Modem ini awalnya digunakan sebagai kebutuhan militer, modem ini sendiri diciptakan atau dibuat pada tahun 1950. Nah sedangkan yang memproduksi modem adalah perusahaan yang sangat terkenal, kita bisa menyebutnya IBM. Nah pada waktu itu, modem digunakan untuk sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat kontrol udara.



Penemu Modem PC atau modem komputer sendiri ditemukan oleh Dennis C. Hayes dan Dale Heatherington. Hayes lahir pada tahun 1950 sedangkan Dale lahir pada tahun 1948. Mereka berdua membuat sebuah teknologi yang sangat bermanfaat ini pada tahun 1997.

Lalu mengapa orang-orang mengira kalau Dennis Hayes lah yang membuat modem pertama kali? Bukannya ada dua orang, yaitu Dennis dan Hale? Memang dua orang, namun pada waktu itu, Dale meninggalkan perusahaan karena pensiun, sehingga perusahaan di kelola oleh Dennis sendiri.
SmartModem temuan Dennis Hayes
Dennis Hayes mendirikan perusahaan dirumahnya sendiri dengan nama perusahaan D.C Hayes Associates. Penanaman modal awal keperusahaanya ketika itu sebesar $5.000, lambat laun perusahaan yang ia dirikan berhasil menjadi perusahaan industri IT terbesar. Produknya perusahaanya yaitu benda temuannya sendiri yaitu Modem board untuk komputer s-100 hingga untuk komputer Apple II buatan Steve Jobs. Dennis hayes semakin berjasa ketika berhasil memcahkan masalah interface yang terjadi pada komputer-komputer ketika itu sehingga dengan solusi yang diberikan oleh Dennis Hayes, komputer-komputer tersebut dapat menggunakan port serial standar yang fungsinya mengendalikan fungsi modem melalui sebuah perangkat lunak seperti sekarang ini. Dennis Hayes juga berjasa sebagai penemu dari command set untuk untuk modem PC di tahun 1981.

Modem temuan Hayes yang bernama SmartModem kemudian dijadikan standar modem untuk komputer-komputer dimasa 1980an. Dari sini kemudian perusahaannya berkembang pesat dan Dennis Hayes sendiri menjabat sebagai CEO di Perusahaanya Hayes Corp. Dennis C. Hayes dijadikan tokoh dunia sebagai penemu modem PC, karena temuannya itu membuat kemudahan bagi para pengakses internet. Dengannya dunia internet selalu tetap online dan industri teknologi berkembang dengan pesat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment