Penemu Jam Tangan - Peter Henlein

Friday, June 3, 2016

Jam adalah sebuah pegangan yang sangat berguna untuk mengetaui waktu. Manfaat dari jam ini juga sangat banyak sekali, kita bisa mengatur agenda, kita bisa menyalakan alarm, kita bisa menentukan jadwal apa saja, msialnya jadwal makan, jadwal tidur, dan jadwal pelajara, dan masih banyak manfaat dari jam tangan ini. Namun apakah kamu tau siapa sih Penemu Jam Tangan? Dia adalah Peter Henlein. Di artikel kali ini akan membahas tentang si penemu jam tangan ini.
Peter Henlein
Peter Henlein dulunya memiliki profesi sebagai tukang kunci dan juga pembuat jam dari Nuremberg, Jerman. Peter Henlein ini sering sekali dianggap sebagai penemu jam, tapi ada juga yang mengatakan kalau ada orang lain yang menemukan jam terlebih dulu, namun Peter Henlein yang sudah terbukti.
Peter Henlein lahir pada tahun 1485 dan wafat pada Agustus 1542. Pada tahun 1509 Peter Henlein menjadi seorang guru di The City's Locksmith Guild. Peter Henlein menjadi terkenal sebagai pembuat jam hias portabel kecil musim semi yang memiliki tenaga kuningan, jam tersebut sangat langka dan juga sangat mahal dan merupakan persiasan yang sangat modis untuk dipakai di kalangan bangsawan waktu itu.

Dalam buku catatan kota, jam tangan Peter Henlein tersebut disebut sebagai pemasok jam semi-driven kecil, yang juga diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang yang memiliki reputasi yang penting. Peter Henlain diduga pengrajin pertama untuk membangun clockworks menjadi "Bisamkopfe", wadah kecil yang dibuat dari bahan logam mulia untuk pewangi atau bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman.
Jam Buatan Peter Henlein
Patung Peter Henlein Sebagai Penemu Jam 
Misalnya catatan kertas Nuremberg bahwa pada tahun 1524, Peter Henlein dibayar 15 florin untuk menonton musk bola emas. Peter Henlein juga membangun sebuah menara jam untuk Lichtenau castle pada tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah. Sebagai penghargaan kemudian kota tersebut membangun patung Peter Henlein sebagai penemu dari jam tangan  Mungkin tanpa adanya Peter Henlein di dunia ini tak ada yang namanya jam yang sangat membantu kita untuk mengetahui waktu. Semenjak penemuan jam oleh Peter Henlein, model jam dari dulu sampai sekarang terus menerus mengalami perkembangan, ada model jam analog dan model jam digital disertai dengan penambahan fungsi sesuai kebutuhan pengguna.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment